Australia Flood (Banjir)

Diposting oleh Unknown on Selasa, 29 Januari 2013

Australia Flood (Banjir)


Militer Australia akhirnya mengerahkan personelnya untuk membantu proses evakuasi warga. Sejauh ini, banjir yang melanda Australia sudah menewaskan 4 orang, termasuk seorang bocah berusia 3 tahun.

Badai yang disertai hujan deras ini melanda sebagian wilayah negara bagian Queensland dan New South Wales, Australia. Kondisi semakin parah karena Burnett River yang berada di wilayah Bundaberg meluap setelah mencapai ketinggian air 9,6 meter.

Akibat luapan sungai ini, sedikitnya 2.000 rumah dan 300 bangunan di kawasan bisnis itu digenangi air. Kepolisian negara bagian Queensland, Jack Dempsey menuturkan, sekitar 7.500 warga terpaksa mengungsi dari rumah masing-masing. Dari jumlah tersebut, sekitar 1.000 orang sempat terisolasi di atap rumah mereka sebelum akhirnya dievakuasi petugas penyelamat.

Pemimpin negara bagian Queensland, Campbell Newman yang sempat memantau lokasi banjir di Bundaberg dari udara, menggambarkan situasi di lapangan benar-benar tak diduga. Newman bahkan mengapresiasi para tentara yang tergabung dalam tim penyelamat, yang terus bekerja tanpa kenal lelah untuk mengevakuasi dan mencari warga yang terjebak, bahkan hingga tengah malam.


"Saya pikir keberanian para awak helikopter dan tim penyelamat, baik sipil maupun militer, yang telah bekerja dari siang hingga malam mengevakuasi warga dalam situasi sulit sekalipun, itulah yang berperan besar," ujar Newman seperti dilansir AFP, Selasa (29/1/2013).

"Kita memiliki situasi di mana arus banjir sangat deras dan banyak orang yang terisolasi di wilayah masing-masing," imbuhnya.

Demi membantu evakuasi, pemerintah federal Australia menerjunkan 4 helikopter militer, 100 tentara dan 2 pesawat Hercules. Yang menjadi prioritas evakuasi adalah para korban yang mengalami luka atau sakit.

Banjir yang dipicu oleh topan tropis Oswald yang melanda wilayah timur laut Australia ini melanda sejak pekan lalu. Badai yang terjadi sebelum banjir menumbangkan pepohonan dan memicu gelombang laut setinggi 10 meter di wilayah Sydney, New South Wales.

Ref:detikNews

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar