Indonesia berpotensi bencana

Diposting oleh Unknown on Rabu, 26 Desember 2012

iklim di Indonesia berpotensi bencana

Krisis iklim di Indonesia berpotensi bencana

  


Di semua negara termasuk Indonesia terus mengalami perubahan iklim. Sayangnya, masyarakat Indonesia sebagian besar belum menyadari soal perubahan iklim itu, padahal krisis iklim berpotensi bencana.

Staf Ahli Lingkungan dan Perubahan Iklim Kementerian Kehutanan (Kemenhut), Yeti Rusli mengatakan, kesadaran masyarakat terhadap perubahan iklim memang masih rendah.

"Kesadaran manusia yang tumbuh dan berkembang secara kolektif, kita mengakui bahwa ada permasalahan utama yakni perubahan iklim yang disebabkan gas rumah kaca terutama CO2, kenapa ini terjadi karena kelengahan penduduk bumi dalam kehidupan," jelas Yeti dalam Seminar Nasional bertema Merajut Peradaban Melayu Masa Depan dan Perspektif Baru di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (26/12/2012).

Perubahan iklim, lanjut Yeti, tidak hanya diatasi dengan berbagai program seperti ekonomi baru, dan green economy yang selama ini menjadi andalan untuk mengatasi perubahan iklim.

Dia pun menyarankan agar pemerintah Indonesia dapat mengikuti kebijakan pemerintah Qatar mengenai cara mengatasi perubahan iklim dengan menggunakan teknik tradisional yang dikenal dengan program "Hikmah", karena proram itu dinilainya cocok terlebih tanah air Indonesia beriklim iklim tropis.


"Local wisdom di Qatar menawarkan solusi perubahan iklim dengan tehnik tradisional dengan nama hikmah. Posisi Indonesia harus bisa menempatkan diri untuk masyarakat, terlebih Indonesia sebagai wilayah tropis dengan perubahan global dan iklim," pungkas dia.
Ref: Sindonews.com

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar